Sabtu, 28 Februari 2009

Artis Cilik Pendulang Uang

Jaman dulu, yang jadi artis cilik kayaknya bisa dihitung dengan jari. Jaman penulis kecil, cuma mengenal Adi Bing Slamet, Chicha Koeswoyo, Ira Maya Sopha, Joan Tanamal, Dina Mariana, dan sedikit artis cilik lainnya. Tapi sekarang, udah puluhan artis cilik yang rajin tayang di layar kaca. Ngetop-ngetop lagi.
Sobat muda muslim, mereka dibesarkan oleh media massa; televisi, radio, koran, majalah, tabloid, bahkan sekarang adik-adik kita yang artis cilik itu rata-rata udah pada punya website sendiri. Mereka punya 'rumah' maya yang bisa dikunjungi oleh siapapun dan dari mana pun. Keren abis deh pokoknya. Bagi teman-teman yang udah gape soal teknologi komunikasi yang satu ini, silakan untuk jalan-jalan sekadar mampir ke rumah maya mereka. Di situ kamu bisa saksiin deh, gimana sebuah industri hiburan telah menciptakan mereka menjadi jutawan cilik. Situsnya aja dikelola dengan rapi dan baik. Maklum saja, sebab adik-adik kita itu adalah tambang uang yang potensial. Jadi kudu dijaga. Ckckck..

Sebagai contoh, adik kita yang bernama Joshua Suherman. Nah, Jojo, panggilan akrab penyanyi cilik yang ngetop dengan Cit Cit Cuit dan Diobok-obok ini sekali show satu jam saja di Jakarta, honor manggungnya Rp 9 juta. Di situ Jojo menyanyikan enam lagu, jadi setiap lagu dihargai Rp 1,5 juta. Show di luar kota lain lagi. Bisa menyentuh bandrol Rp 11 juta. (GATRA, 24 Juli 1999)

Masih menurut laporan GATRA, Joshua Inc udah menghasilkan pendapatan dari Iklan sekitar Rp 525 juta, dari show bisa menembus angka Rp 220 juta, penjualan topi 'kupluk' Joshua mampu menyumbang pundi-pundi usahanya sekitar Rp 900 juta. Angka itu masih ditambah dengan penjualan berbagai merchandise yang bisa menghasilkan Rp 180 juta. Totalnya, Joshua Inc. bisa meraup untung bersih senilai Rp 1,825 milyar. (GATRA, 24 Juli 1999)

Mau tahu pendapatan artis cilik yang lainnya? Sebut saja Geofanny. Masih menurut laporan GATRA, untuk iklan doi berbandrol Rp 35 juta per tahun. Kalo main sinetron, Geofanny dibayar Rp 1,5 juta per episode. Chikita Meidy sekali show di luar amal, bisa dihargai Rp 5 juta. Trio Kwek Kwek sekali manggung di luar kota Rp 9 juta, dalam kota Rp 6 juta. Untuk model iklan bisa menyentuh angka Rp 50 juta. Gilbert Boboho, untuk menyanyi tarifnya antara Rp 5 juta-Rp 7 juta. Dan, Cindy Cenora, artis cilik yang melambungkan produsen sepatu New Era hingga penjualannya membengkak 200 persen, sekali nyanyi di panggung dihargai sekitar Rp 8 juta.(dudung.net)

3 komentar:

  1. Aduh.... ini blog kok isinya berita sampah sich!!! Yang Up2date donk klo mau ngasih info.

    Sekarang khan udah zamannya si baim, chilla irawan, ambo, amel, dll.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas masukannya...memang saya akui ada beberapa postingan yang memang kadaluarsa. tetapi kami akan mengapgrade terus dengan berita terbaru. kritik dan saran pasti saya jadikan pelajaran dan bahan perbaikan buat kedepan.

    Blog ini baru dibangun beberapa hari jadi saya cari artikel yang sebenarnya penting bagi saya. Terus terang semua artikel yang saya muat, saya baru baca...ketinggalan jaman yaaa!!

    makasih masukannya. Lebih baik bertindak dan salah daripada tidak pernah mencoba untuk bertindak. Kesalahan atau kekurangan saya tidak khawatir..PASTI ada orang diluar sana yang siap meluruskan.

    BalasHapus
  3. Walaupun infox jadul tp br'guna jga

    BalasHapus